PSIKOLOGI
PENDIDIKAN
MOTIVASI
DALAM BELAJAR
A.
Pengertian motivasi
Motivasi adalah berasal
dari kata motif yang berarti dorongan atau alasan. Motif merupakan tenaga
pendorong yang mendorong manusia untuk bertindak atau suatu tenaga di dalam
diri manusia, yang menyebabkan manusia bertindak atau melakukan sesuatu.
Sedangkan untuk motivasi belajar itu sendiri merupakan keseleruhan daya
penggerak psikis di dalam diri seseorang yang menimbulkan kegiatan belajar,
menjamin kelangsungan kegiatan belajar dan memberikan arah pada kegiatan
belajar itu demi mencapai suatu tujuan dari belajar. Motivasi belajar juga
dapat dipengaruhi oleh dorongan dan dukungan dari orang tua terhadap anak untuk
mendidik anak dalam belajar agar mencapai prestasi yang memuaskan. Karena
dengan adanya stimulasi yang baik dari orangtua akan berpengaruh terhadap pola
belajar anak yang maksimal.
B.
Fungsi-fungsi motivasi
Sebagai pendorong untuk
berbuat sesuatu dari setiap aktifitas yang dilakukan.
1.
Penentu arah perbuatan yakni kearah
tujuan yang ingin dicapai dalam prestasi belajar.
2.
Menyeleksi dalam perbuatan.
3.
Pendorong usaha untuk prestasi yang
maksimal.
4.
Motivasi adalah sesuatu yang paling
mendasar yang harus ada dalam belajar karena hasil belajar akan optimal bila
ada motivasi baik dari diri sendiri maupun motivasi dari luar seperti orangtua
dan orang-orang di sekitar.
5.
Motivasi selalu bertalian dengan suatu
tujuan yang jels yang ingin dicapainya.
C.
Jenis-jenis motivasi
Motivasi terdiri
dari dua jenis yaitu motivasi positif dan motivasi negatif. Motivasi positif
merupakan dorongan yang memberikan semangat untuk anak lebih giat dalam belajar
dan mengukir prestasi yang gemilang. Dan bisa juga berupa hadiah untuk anak
yang berprestasi diharapkan dengan diberikan hadiah anak lebih akan giat dalam
belajar dan dapat lebih berprestasi sesuai dengan prestasi dan bakat anak.
Sedangkan untuk motivasi negatif adalah dorongan yang menjatuhkan semangat
belajar ketika anak mengalami penurunan prestasi disekolah. Dorongan yang buruk
akan lebih membuat anak stress dalam pola belajar dan anak tidak memiliki
semangat untuk bangkit dan bergairah dalam belajarnya. Sebagai orangtua yang
baik seharusnya bisa menggunakan kedua motivasi tersebut dengan pas dan tepat
supaya anak tetap memiliki semangat untuk beljar dan meningkatkan prestasinya
disekolah.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar